H. Idi dan H. Ab, Launching Pembentukan Kampung KB “Kabupaten Maju, Tidak Lepas Masyarakatnya Berkualitas”

PWI-Sampang – Pemerintah Kabupaten Sampang, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan KB menggelar Launching Pembentukan Kampung KB di Pendopo Trunojoyo Sampang, Selasa (21/11/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Sampang, Wakil TP PKK Sampang Ny. Hj. Vanny Abdullah Hidayat, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Taufik Darianto, seluruh Kepala OPD, 22 Kepala Puskesmas, 14 Camat Se-Kabupaten Sampang, 14 TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Sampang dan Relawan Kampung KB.

Kepala Dinas Kesehatan & KB Kabupaten Sampang, dr. Abdullah Najich dalam sambutannya menyampaikan tujuan Launching Pembentukan Kampung KB, antaranya Mewujudkan Keluarga Berkualitas menuju Sampang Hebat Bermartabat.

Dijelaskan Najich, Kampung Keluarga Berkualitas adalah kampung yang mandiri, tentram, dan bahagia. Dalam konsep lama disebut Kampung Keluarga Berencana dengan wilayah setingkat desa/kelurahan yang memiliki kriteria tertentu dan terdapat keterpaduan Program Bangga Kencana.

Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) adalah satuan wilayah setingkat kelurahan

 dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

Adapun tujuan dan strategis pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas adalah Meningkatkan Kualitas Hidup Keluarga dan Masyarakat melalui , 1. Mendekatkan pelayanan program KKBPK dan pelayanan dasar,  2. Penguatan 8 fungsi keluarga, 3. Partisipasi aktif masyarakat, 4.Pembangunan yang terintegrasi lintas sektor.

Sementara Ketua Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sampang, H. Abdullah Hidayat sekaligus menjabat Wakil Bupati Sampang, dalam sambutannya berharap Kampung KB berjalan maksimal sesuai rencana, dimana penting di dukung berbagai pihak, baik aparatur pemerintah dari Kabupaten, Kecamatan dan Desa, perlu juga dukungan Masyarakat setempat.

Selain itu, pentingnya komitmen yang kuat, baik dukungan tenaga, fikiran, dan materi agar bisa terus berjalan dan maksimal.

Baca Juga  PWI Sampang Gelar Malam Puncak HPN Yang Ke-77 2023

“Selain mewujudkan keluarga berkualitas, juga diharapkan bisa terus menurunkan angka Stunting, dimana kabupaten Sampang turun 6,9% tahun 2023 dan terbaik kedua setelah Surabaya” tutur H. Ab panggilan akrab Wakil Bupati Sampang tersebut.

H. Ab juga ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, sehingga angka Stunting di Sampang terbaik kedua di Jawa timur. Dan “Salah satu upaya menekan Stunting antaranya mencegah pernikahan dibawah umur” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati, M.M, diwakili Taufik Darianto mengaku bangga dengan Kabupaten Sampang.

Menurutnya, meski kotanya kecil, tapi terbukti sinergitas_nya membangun Kabupaten Sampang lebih baik.

“Selamat Untuk Kabupaten Sampang menjadi terbaik kedua setelah Surabaya dalam penurunan Stunting” ucapnya.

Hal tersebut peran segala pihak, utamanya Tim Penggerak PKK sebagai motor penggerak di tingkat Kecamatan dan Desa. Sehingga keluarga dan anak yang dilahirkan bisa Berkualitas, dimana program 2 anak cukup itu penting di pahami bersama, tuturnya.

Menurutnya, Permasalahan secara umum Stunting yaitu, Pernikahan usia dini, KDRT, Makanan  kurang gizi dan lain sebagainya. Untuk itu penting sinergitas di segala sektor untuk mewujudkan Masyarakat yang Berkualitas.

Menyikapi berbagai komentar diatas, Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi yang akrab di sapa H. Idi, sebelum Melaunching Pembentukan Kampung KB dalam sambutannya mengatakan, setiap Kabupaten akan maju tidak lepas kualitas Warganya.

Untuk itu, pihaknya berharap pihak terkait terus menjaga dan meningkatkan segala program yang bagus, khususnya yang bermanfaat untuk Masyarakat luas.

Serta niatkan setiap bekerja dengan Ikhlas, agar bernilai ibadah, insyaallah segala pekerjaan akan menuai hasil yang maksimal dan diridhoi Allah SWT, tuturnya.

Terakhir, H. Idi mengucapkan banyak terimakasih kepada segala pihak OPD, atas kinerjanya selama ini, sehingga mewujudkan Kabupaten Sampang yang Hebat Bermartabat.

Baca Juga  Bupati Sampang Support Lomba Fashion Batik Se Madura, Meski Tanpa Dukungan Pemerintah Daerah

Perlu diketahuai bahwa dalam kesempatan acara tersebut ada Pemberian penghargaan dari Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi kepada 3 Puskesmas Terbaik dalam menjalankan Program KB, Yaitu Terbaik Pertama Puskesmas Kecamatan Karang Penang, Kedundung dan Robatal, pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *